Joe Satriani "Sang Maestro Gitar"




Pada posting kali ini saya akan memperkenalkan pada kawan semua sang maestro gitar, Joe Satriani.


Joe "Satch" Satriani lahir 15 Juli 1956 di Westbury, Amerika Serikat merupakan gitaris handal kelas dunia. Bakat bermain gitar diasah Joe di bawah bimbingan dua maestro jazz modern, Leenie Tristano dan Billy Bauer.

Pada awalnya Joe menjadi guru gitar di Westbury, kota kelahirannya, untuk mengejar karier dan menjadi instruktur gitar di Second Hand Guitar. Ciri permainan Joe dipengaruhi oleh Jimi Hendrix, Jeff Beck, dan Jimmy Page, diwariskan kepada murid-muridnya yang kelak menjadi gitaris handal dunia. Steve Vai, Kirk Hammet (Metalica), David Bryson (Counting Crows), Alex Sckolnick (Testament), Larry Lallonde (Primus, Possessed), dan Kevin Cadogan (Third Eye Blind) adalah bukti keberhasilan Joe sebagai guru. Di tahun 1979, Joe membentuk band yang diberi nama The Squares, bersama Jeff Campitelli dan Andy Milton.

Teknik legato (gabungan hammer on dan pull off) Joe yang mumpuni, two handed tapping, dan sweep-picking yang maut, menjadikannya terkenal dalam jagad gitar dunia. Album-album yang ditelurkannya mendapatkan respons yang sangat bagus. Tahun 1989, Mick Jagger mengajak Joe tur dunia. Joe pernah menjadi gitaris Deep Purple menggantikan posisi Richie Blackmore pada tahun 1993 ketika Deep Purple tur ke Jepang.

Proyeknya yang paling dahsyat adalah G3, bersama Steve Vai, melakukan konser dunia dengan melibatkan dewa-dewa gitar kelas dunia.

Website resmi Joe Satriani dapat dilihat di www.satriani.com/. Cukup sekian posting kali ini, semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar