Solid Body System

Pada posting kali ini saya akan menerangkan mengenai sistem solid body pada body (badan) gitar elektrik.


Sesuai dengan namanya, sistem solid body berarti badan gitar merupakan satu kesatuan kayu padat yang utuh. Artinya, rongga dibuat sekecil mungkin dan disesuaikan dengan kebutuhan, seperti rongga unyuk menempatkan pick up coil atau humbucker, kontrol switch, kontrol volume, kontrol tone, dan tremolo. Cara kerja gitar elektrik sistem solid body adalah sinyal suara yang dihasilkan senar diterima oleh pick up coil atau humbucker, lalu getaran dan sinyal tersebut berputar pada body dan neck gitar, hingga suaranya keluar melalui jack output. Jika gitar elektrik dimainkan dengan bantuan efek, sinyal yang keluar dari jack output diproses lagi sesuai dengan karakter dan setting efek yang sudah ditentukan sebelumnya, kemudian dihubungkan dengan amplifier (pengeras suara) sehingga suara gitar bisa didengar.

Kekurangan gitar elektrik solid body adalah harus dibantu dengan beberapa alat pendukung, seperti amplifier dan efek, karena body giatr tidak mempunyai rongga. Selain itu, kita hanya bisa menggunakan senar kawat (string), karena senar nylon tidak dapat memberikan sinyal yang kuat.

Sistem solid body memungkinkan penggunanya memainkan teknik yang sulit sekalipun. Didukung dengan perkembangan elektronik yang semakin canggih, kita bisa menghasilkan berbagai macam suara dengan gitar, mulai dari suara mesin mobil, helikopter, dentuman mortir, hingga suara orang tertawa.

Demikianlah posting saya kali ini semoga dapat berguna bagi kita semua. See you soon....

1 komentar:

  1. halo mas, saya andi, salam kenal, saya masih belum ngerti nih mas, kan mas bilang ''sinyal suara yang dihasilkan senar diterima oleh pick up coil atau humbucker, lalu getaran dan sinyal tersebut berputar pada body dan neck gitar" (paragraf 2) . nah, apakah sinyal yang di maksud ini sinyal suara atau sudah menjadi sinyal listrik ? karena dari yang saya baca dari sumber lain sinyal suara diubah menjadi sinyal listrik oleh pickup . kalau bisa diberi rincian jalurnya ya mas (contoh:getaran senar-diterima pickup-dsb) . terima kasih ya mas sebelumnya :)

    BalasHapus