About Eric Clapton




Salam SG… Sobat SG sekalian kali ini admin akan memprofilkan seorang Eric Clapton. So..check this out…

Eric Clapton lahir di Ripley, Inggris, pada 30 Maret 1945. Pada ualng tahunnya yabg ketigabelas Eric mendapatkan hadiah gitar akustik Spanish Goya. Sejak saat itu, keinginannya menjadi gitaris tak terbendung lagi. Ia menggali pengalaman dari sejumlah band blues di Inggris. Namanya mulai terkenal ketika ia bergabung daengan The Yardbirds, grup band yang dikenal melahirkan banyak gitaris hebat. Waktu itu keahliannya memetik dawai gitar, membuatnya dijuluki si “slowhand”. Hal ini dikarenakan teknik bendingnya acap memutuskan senar yang dipakainya.
Selepas keluar dari The Yardbirds, Eric bergabung dengan John Mayall’s Bluesbraekers. Di situ kemampuannya makin terasah, ia malah menjadi motor band. Namanya pun meroket dengan julukan “Clapton si Dewa Gitar”.
Kenyang malang melintang bersama sebagai band, Eric meniti karier solo sebagai session musician, sebelum akhirnya ia terjerat narkoba dan obat bius. Perceraiannnya dengan Patty, sang istri, membuat hidupnya kian terpuruk.
Eric membutuhkan waktu yang lama untuk membenahinya kembali. Namun, akhirnya ia sadar dan berusaha comeback. Sayangnya usaha tersebut tak sepenuhnya dipuji oleh para penggemarnya.
Mereka menilai Eric sudah meninggalkan gitar dan lebih suka menonjolkan vokal. Namun, saat album Just One Night (1980) dirilis, penggemar diingatkan kembali pada Eric yang sebenarnya. Sayang, Eric kembali mencandu.
Selepas kejatuhan itu, ia baru sadar dan memulai kembali kariernya. Ia berhasil menelurkan album-album hits yang memperoleh penghargaan Grammy.
Eric Clapton termasuk musisi tersukses abad ke-20 sampai abad ke-21. Namanya diabadikan di museum Rock and Roll Hall of Fame sebanyak tiga kali sebagai personel The Yardbirds, Cream, dan karier solonya.
Berikut ini contoh permainan gitar dari Eric Clapton :
Eric Clapton - Layla
Eric Clapton - Change The World
Eric Clapton - Tears In Heaven
Cukup sekian postingan kali ini.  Semoga bermanfaat……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar