Improvisation

Salam SG, tidak terasa waktu telah lama berlalu sejak saya mengepostkan postingan terakhir saya beberapa bulan yang lalu. Kali ini saya akan berbagi sedikit informasi mengenai improvisasi dalam bermain gitar.


Menurut kamus arti kata improvisasi adalah
1. 1 pembuatan (penyediaan) sesuatu ber-dasarkan bahan yg ada (seadanya); 2 Sen penciptaan atau pertunjukan sesuatu (pembawaan puisi, musik, dsb) tanpa persiapan lebih dahulu: dl lagu ini saya merasa dapat melakukan -- dng baik; ber·im·pro·vi·sa·si v melakukan sesuatu (berpidato, mem-bawakan puisi, musik, dsb) tanpa persiapan lebih dahulu: beberapa orang penyanyi yg tampil di layar televisi gagal krn tidak mampu ~; meng·im·pro·vi·sa·si·kan v 1 melakukan sesuatu (berpidato, membawakan puisi, musik, dsb); 2 mengembangkan mutu ke arah yg lebih baik: ia terkenal krn kemampuannya ~ sesuatu yg serba kurang menjadi hal-hal yg istimewa
Improvisasi ini sering kita jumpai disaat sedang asyik memainkan gitar diatas panggung, tiba-tiba kita lupa not apa yang akan kita mainkan selanjutnya.

Untuk hal seperti ini sobat SG tidak perlu khawatir. Yang kita perlukan disaat itu adalah ketenangan dan improvisasi, jangan menampilkan wajah yang kelihatan bingung didepan para penonton. Improvisasi dalam hal ini ialah bermain aman. Tips dari saya sebaiknya anda memainkan not-not pada scale pentatonik karena saya kira not-not didalam scale inilah yang hampir cocok dengan semua lagu.
CONTOH-CONTOH SCALE PENTATONIK
Saya kira cukup sekian postingan singakat dari saya kali ini. Semoga bermanfaat. Keep rockin'.....!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar